Rabu, 18 April 2012

Istilah yang digunakan pada Teknik Telekomunikasi

pengertian atau definisi dari istilah-istilah dan singkatan yang sering digunakan pada Teknik Telekomunikasi :
  • SNR (Signal-to-noise ratio) atau yang sering disingkat SNR atau S/N adalah Perbandingan (ratio) antara kekuatan Sinyal (signal strength) dengan kekuatan Derau (noise level). Nilai SNR dipakai untuk menunjukkan kualitas jalur (medium) koneksi. Makin besar nilai SNR, makin tinggi kualitas jalur tersebut. Artinya, makin besar pula kemungkinan jalur itu dipakai untuk lalu-lintas komunikasi data & sinyal dalam kecepatan tinggi.
  • BER (Bit Error Rate atau Bit error ratio) merupakan sejumlah bit digital bernilai tinggi pada jaringan transmisi yang ditafsirkan sebagai keadaan rendah atau sebaliknya, kemudian dibagi dengan sejumlah bit yang diterima atau dikirim atau diproses selama beberapa periode yang telah ditetapkan.
  • Ringback Tone adalah suara yang diperdengarkan di jalur telepon oleh pihak penelepon setelah selesai melakukan pemanggilan dan sebelum panggilan dijawab oleh pihak yang dihubungi. Versi personal dari nada sambung disebut nada sambung pribadi. Nada sambung dapat berbeda-beda di setiap negara tergantung kebutuhan spesifikasi nada sambung di negara tersebut.
  • BORSHT adalah akronim dari Battery, Overvoltage Protection, Ring Trip, Supervision, Hybrid, Test yang digunakan dalam Plain Old Telephone Service (POTS), telephony signaling, garis pengawasan dan pengoperasian terminal telepon. Borscht sirkuit biasanya terletak pada kartu jaringan telekomunikasi line dan semakin terintegrasi ke dalam chipset dengan perusahaan semikonduktor.
  • FCC (Federal Communications Commission) adalah Instansi Pemerintah yang Independen di Amerika Serikat yang mengatur komunikasi antar Negara dan Internasional yang melalui Radio, Televisi, Satelit, dan kabel yang mencakup 50 Negara.
  • Fidelity menunjukkan akurasi dari sebuah sistem elektronik yang mereproduksi suara atau gambar dari sinyal input.
  • Off-Hook adalah kondisi yang ada saat telepon atau instrument lainnya sedang digunakan, yaitu selama panggilan atau berkomunikasi.
  • Tandem Office (TO) adalah Sentral telepon yang dipasang untuk membantu menangani lalu lintas (traffic) komunikasi antar End Office (EO).
  • Space Switching adalah Proses penyambungan  saluran telepon pada sentral telepon analog, dimana penyambungan saluran telepon dilakukan pada spatial domain. Pada sentral telepon digital, selain space switching dilakukan juga time switching.
  • DTMF (Dual Tone Multiple Frequency) merupakan suatu gelombang frekuensi yang terdiri dari dua buah frekuensi nada yang berbeda nilainya tetapi dibangkitkan dalam waktu bersamaan sehingga menghasilkan sebuah nada dengan frekuensi tertentu yaitu frekuensi gabungan dari dua buah nada tersebut.


    (http://rizkyblog.com/pengertian-definisi-istilah-istilah-pada-teknik-telekomunikasi/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar